Fenomena Mengapa Banyak Artis Menjadi YouTuber, Ini Penjelasannya!

Sep 13, 2019 8:00 AM

Kebanyakan orang berpikir jika hidup sebagai selebriti itu serba enak. Kemana-mana banyak yang mengenal, dan sudah tentu diperlakukan istimewa. Nggak cuma itu, pekerjaan pun dinilai sangat mudah, tapi hasilnya melimpah. 

Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang bermimpi untuk menjadi selebriti. Berbagai macam cara mereka lakukan, dari mulai ikut ajang pencarian bakat, melamar langsung ke agensi untuk dipekerjakan di dunia hiburan dan lainnya.

Baca Juga: Beralih Profesi Jadi Youtuber, Benarkah Bisa Bikin Cepat Kaya?

Bahkan saking ngebetnya pengen jadi artis, banyak orang yang akhirnya mengandalkan sensasi agar selalu diliput media. Masih mending jika sensasinya masih dalam kategori normal, ini mah kadang mereka mengeluarkan sensasi yang nggak banget deh!


Banyak Artis Yang Jadi Youtuber


Raffi dan Nagita yang cukup sukses jadi YouTuberSource Popbela.com
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Yang cukup menarik dari kehidupan para selebriti. Meskipun mereka dikenal punya duit dan popularitas yang tinggi. Faktanya banyak artis yang justru terjun dalam platform digital, misalnya jadi Youtuber. Waduh, apakah duit jadi artis kurang?

Menurut Oddie Randa, COO Gushcloud Marketing Group, uang merupakan salah satu alasan kenapa banyak selebriti yang memutuskan menjadi content creator, atau menjajal platform digital. Pasalnya, dengan menjadi influencer, mereka bisa menghasilkan uang dengan sangat cepat.

Contohnya saja seorang artis yang pekerjaannya sehari-hari menjadi MC dengan bayaran sekitar 20 juta untuk durasi kerja selama 2 jam, ternyata bisa mendapatkan penghasilan yang sama dengan hanya satu kali postingan foto di Instagram.

Selain itu, belakangan ini banyak juga selebriti yang kini memanfaatkan popularitasnya dengan menjadi YouTuber. Bayangkan saja, hanya dengan membuat akun YouTube dan menyebarkannya di media sosial, mereka bisa mendatangkan ribuan, bahkan jutaan subscriber hanya dalam waktu singkat.

Baca Juga :Main Instagram Gunanya Untuk Apa Sih? Pamer kah?

Banyaknya subscriber inilah yang menjadi salah satu sumber penghasilan mereka, sekaligus menjadi syarat utama untuk menjadikan akun YouTube mereka sebagai ladang uang. Selanjutnya, mereka hanya perlu memposting beberapa video dan berharap para penggemarnya menonton.


Boy William, dari MC hingga YouTuberSource The Shonet
Boy William

Kondisi ini jelas berbeda dengan pekerjaan mereka sebagai selebriti. Sebelumnya, untuk mendapatkan sejumlah uang, mereka harus menjalani proses syuting stripping yang cukup panjang, dari mulai bangun jam 4 pagi, hingga pulang jam 6 sore pulang, istirahat sebentar dan syuting lagi. 

Kondisi ini berbeda saat mereka menjadi YouTuber, sama-sama syuting tapi tidak membutuhkan banyak kru, bahkan dengan kamera ponsel pun sudah jadi. Mereka pun nggak perlu mempersiapkan banyak skrip, menghafalnya dan melakukan dialog. 

Video yang diunggah di YouTube pun akan terus memberikan mereka penghasilan (selama video tersebut ditonton dan disematkan iklan adsense). Kondisi ini berbeda dengan proses syuting film atau sinetron, hasil syuting mereka hanya dinikmati sesuai dengan kontrak saja.


Punya Lebih Banyak Waktu Memanjakan Diri


Sule juga ikut-ikutan jadi YouTuberSource Beepdo
Sule.

Selain faktor uang yang sangat kental, Edo Oktorano Erhan, Director of Marketing Gushcloud Indonesia, menyebut jika waktu yang lebih fleksibel merupakan salah satu alasan kenapa banyak selebriti yang memilih untuk jadi YouTuber. 

Dengan menjadi YouTuber, mereka punya lebih banyak waktu luang untuk memanjakan diri, bahkan kegiatan liburan mereka pun bisa dijadikan sebagai bahan konten, yang pada gilirannya akan menghasilkan uang bagi mereka. 

Baca Juga : Dari Rekor Youtube Hingga Coachella, Prestasi Apik Blackpink Tahun 2019

Selain itu, dengan selalu eksis di dunia maya, tidak akan membuat popularitas mereka menghilang. Justru sebaliknya, makin banyak subscriber yang mereka miliki dan makin banyak konten kreatif yang diciptakan, itu bisa dijadikan modal untuk menaikan nilai jualnya di dunia hiburan. 

Singkat kata, menjadi YouTuber atau orang yang aktif mencangkul di dunia digital, akan membuat para selebriti ini lebih mudah mendatangkan uang, dan punya lebih banyak waktu untuk bersenang-senang. Kalau menurut kamu gimana nih. Beneran kayak gitu nggak?