Cuma Indonesia yang Punya Kebiasaan ini Saat Makan

Sep 24, 2019 7:03 AM

Masyarakat di tiap negara pasti punya ciri khas hingga kebiasaan yang membuat mereka berbeda dari negara lain. Termasuk Indonesia. Masyarakat di Indonesia ini ternyata punya banyak kebiasaan unik yang hanya bisa dipahami oleh orang Indonesia sendiri.

Salah satunya adalah kebiasaan makan. Kebiasaan makan orang Indonesia yang super unik ini pun dijamin bikin kalian ngakak sekaligus manggut-manggut karena setuju..

1. Wajib Pakai Nasi


source: https://makeyourmeals.com Nasi Putihsource: https://makeyourmeals.com
Nasi Putih

Salah satu kebiasaan unik orang Indonesia adalah wajib makan pakai nasi. Nggak heran, perut orang Indonesia memang sudah terbiasa dengan nasi. Gara-gara ini, sampai ada istilah "Belum dibilang makan kalau belum pakai nasi". 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Tanpa Sadar Mengganggu Kesehatan Mulut Kamu

Walau kita sudah makan makanan berat, seperti pizza, spageti, roti hingga burger, kita menganggapnya "hanya ngemil" karena belum pakai nasi. Kalian termasuk?

2. Nggak Lengkap Kalau Tanpa Sambal


source: https://mnews.co.id Sambalsource: https://mnews.co.id
Sambal

Sambal seakan jadi identitas bagi orang Indonesia. Sebagian besar orang Indonesia akan selalu mencari sambal untuk teman makan nasi.

Nggak heran, meski pedas dan bikin mulut jadi kepanasan, sambal dipercaya bisa menambah nafsu makan kita. Apalagi di Indonesia sendiri sambal sangat beragam.

Baca Juga: Makna Mendalam dari Sebungkus Nasi Padang yang Dibawa Pulang

Dari banyak sambal, yang paling gampang ditemui di rumah atau warung adalah terasi dan tomat. Ada juga sambal beraneka bahan, seperti sambal terong, sambal teri, sambal rujak dan lainnya.

3. Kerupuk Nggak Boleh Ketinggalan


source: https://playworld.id Kerupuksource: https://playworld.id
Kerupuk

Sama dengan sambal, sebagian besar orang Indonesia sangat gemar makan pakai kerupuk. Hal ini pun akhirnya menjadi kebiasaan unik di Tanah Air. 

Rasa-rasanya, makan belum afdol kalau tak ada kerupuk. Apalagi sensasi kriuk-kriuknya itulah yang bisa bikin kita jadi makin semangat makan.

Jenis kerupuk di Indonesia sendiri beragam. Yang paling populer sebagai teman makan nasi biasanya adalah kerupuk bawang. Tapi ada juga kerupuk udang, kerupuk ikan tenggiri dan kerupuk lain yang nggak kalah lezat. Kalau kalian, paling suka kerupuk apa nih?

4. Makan Mie Instan Plus Nasi dan Telur


source: https://www.idntimes.com Mie Instansource: https://www.idntimes.com
Mie Instan

Yang satu ini juga sering banget dilakukan orang Indonesia. Saat makan mie, biasanya orang Indonesia akan menambahkan nasi. Bener nggak?

Padahal, baik mie instan maupun nasi sama-sama mengandung karbohidrat. Tapi bagi orang Indonesia, makan mie ya wajib pakai nasi. Kalau tidak pakai nasi, berarti dianggap hanya ngemil mie instan saja. 

Baca Juga: Pola Makan Yang Dapat Menyebakan Badan Gemuk

Selain nasi, orang Indonesia juga menambahkan telur di mie instan tersebut. Yang memasak mie goreng akan menambah telur goreng, sedangkan untuk mie kuah biasanya ditambahkan telur rebus. Kalau lagi nggak malas, ada juga orang Indonesia yang sengaja merebus sayuran hijau agar mie instan mereka "terlihat" lebih sehat.

5. Makan Pakai Tangan


source: https://www.honestdocs.id Makan Pakai Tangansource: https://www.honestdocs.id
Makan Pakai Tangan

Kebiasaan unik orang Indonesia yang lainnya adalah makan menggunakan tangan. Ketimbang pakai sendok, banyak orang Indonesia yang lebih suka makan nasi langsung memakai tangan.

Apalagi jika menu makanannya adalah nasi, lalapan dan sambal super pedas. Dijamin deh, langsung semangat makan pakai tangan. Tapi kalau menunya mengandung kuah sih, lebih baik pakai sendok ya...

Apa kalian termasuk yang punya kebiasaan unik di atas?